Rabu, 30 Mei 2012

PENGARUH PROGRAM DISCHARGE PLANNING


Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Baiturrahim
Program Studi Ilmu Keperawatan
Tahun 2011
Skripsi :   5 bab; 70  hal; 2 bagan;
 17  lampiran; 9 tabel.  

ABSTRAKS
PENGARUH PROGRAM DISCHARGE PLANNING TERHADAP            KEMAMPUAN SELF CARE PASIEN PASCA BEDAH
AKUT   ABDOMEN   DI   RUMAH   SAKIT
MAYANG MEDICAL CENTRE JAMBI

ISWADI, Dibawah bimbingan
Daryanto, S.Kp, M.Kep *)  dan Ns. Yennita, S.Kep **)

Pasien bedah akut abdomen di RS MMC Jambi  selalu mengalami peningkatan. Perawat diharapkan  dapat memberikan pelayanan yang terarah dan bermutu. Salah satu fungsi perawat pada pasien bedah akut abdomen adalah membantu pasien  meningkatkan kemampuan  Self Care  secepat mungkin, karena Self Care menjadi salah satu  indikator untuk pemulangan pasien. Sedangkan salah satu cara untuk meningkatkan kemampuan Self care adalah dengan  melakukan program  Discharge Planning secara terstruktur. Sedangkan program Discharge Planning yang dilakukan di RS MMC Jambi belum terstruktur dan terprogram dengan baik. Permasalahannya apakah  ada pengaruh program  Discharge Planning  terhadap kemampuan Self Care pasien pasca bedah akut abdomen di RS MMC Jambi.
Penelitian ini dilakukan di RS MMC Jambi dari tanggal 9 Juni sampai dengan 25 Juli 2011. Dimana pengaruh program Discharge Planning dilakukan kepada 13 responden. Desain penelitian adalah Pre Eksperimen dengan One group  pre-post test. Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan kuesioner dan lembaran observasi, yang diambil 1 hari setelah operasi dan sebelum pemulangan. Kemudian data dianalisa  dengan  menggunakan   analisis univariat dan bivariat dengan uji  t- dependent.
Hasil penelitian didapatkan bahwa nilai  mean sebelum intervensi adalah 31,94 dan sesudah  intervensi nilai mean 39,01. Hasil uji  t- devendent didapatkan p-value  0,002<0,05  yang berarti  bahwa program Discharge Planning berpengaruh terhadap kemampuan Self Care pasien pasca bedah akut abdomen sebelum pemulangan.
Kepada kepala bidang pelayanan dan keperawatan RS MMC Jambi kedepannya diharapkan dapat menjalankan program Discharge Planning yang terprogaram dan terstruktur untuk mendukung paket perawatan pasca operasi yang telah ditetapkan. Kemudian peneliti juga mengharapkan adanya penilitian  selanjutnya  dengan variabel yang berbeda tetang kemandirian  Self Care pasien pasca bedah.


Kata kunci :    Kemampuan Self Care; Program  Discharge Planning; Pasca Bedah Akut Abdomen.
Daftar Pustaka : 32  buku (1995-2010)
*) Pembimbing I,    **)           Pembimbing I

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar